Menyajikan Berita Akurat, Aktual dan Anti Hoax Aduhhh! Bertahun-Tahun Tak Dapat Perhatian Warga Desa Bonto Bantu Pemkab Sinjai Perbaiki Jalan - SNIPER JURNALIS
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Aduhhh! Bertahun-Tahun Tak Dapat Perhatian Warga Desa Bonto Bantu Pemkab Sinjai Perbaiki Jalan

Aduhhh! Bertahun-Tahun Tak Dapat Perhatian Warga Desa Bonto Bantu Pemkab Sinjai Perbaiki Jalan


Sinjai, Sniperjurnalis.com,-
Warga Desa Bonto, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, berinisiatif bergotong royong untuk memperbaiki jalan poros di Dusun Kessi menuju Kantor Desa Bonto,Rabu (28/02/2024).

Hal itu mereka lakukan karena jalan di desa mereka selama 15 tahun rusak dan tidak pernah mendapat perbaikan dari Pemerintah Kabupaten Sinjai, mulai di era kepemimpinan daerah, H.Sabirin Yahya (1 periode), And Seto Ghadista Asapa (2 periode), hingga di era Pj Bupati Sinjai, TR.Fahsul Falah kini.

Padahal pada giat Musrembang tingkat kecamatan tahun 2020 hingga 2023 masuk kategori program prioritas untuk mendapat tindaklanjut di Musrembang tingkat kabupaten.

Namun hingga memasuki tahun 2024, belum menghasilkan wujud nyata.

Sementara anggota dewan dari Dapil IV yang diharapkan sebagai perpanjangan tangan, untuk memperjuangkan di tingkat kabupaten, tampaknya hanya “nyaring bunyinya”, tak bertaring.

Masih tercatat, di akhir masa jabatan Andi Seto Ghadista Asapa dalam program Safari Ramadhannya di Desa Bonto, telah mengintruksikan kepada Kepala Dinas PURP Sinjai untuk segera menganggarkan untuk perbaikan jalan.

Namun realisasinya, instruksi itu juga hanya “nyaring bunyinya, terkesan adanya pengabaian instruksi dan rekomendasi Musrembang Tingkat Kecamatan.

Ketua BPD Bonto, Muhammad Ramli yang ditemui di lokasi gotong royong menjelaskan, jalan yang dikerjakan hasil swadaya masyarakat ini adalah jalan Mallembong Raya di Dusun Kessi, yang merupakan jalan utama masyarakat menuju pusat pemerintahan desa,perkebunan, permukiman pendidikan dini dan dasar, serta pelayanan kesehatan warga.

Selain itu, katanya menambahkan,jalan yang berstatus jalan kabupaten tersebut menjadi jalur utama penghubung tiga dusun lainnya yang ada di Desa Bonto,” Selama bertahun-tahun tak mendapat perhatian pemerintah,dimana jalan poros yang rusak parah itu sepanjang 2 km.

Ketua BPD Bonto itu juga menjelaskan, kondisi jalan saat ini sudah sangat parah. Dimana jalan penghubung yang digunakan warga pula sebagai akses jalan trasportasi kendaraan untuk mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan warg, dipenuhi lobang sehingga sering mengakibatkan kecelakaan, serta meningkatkan pula biaya angkutan hasil produksi warga.

"Sebenarnya inginnya diperbaiki semua, tetapi dana hasil sumbangan masih belum mencukupi. Jadi kami perbaiki sedikit dulu dibagian yang paling parah,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa Bonto, Sudirman,S.Ip berharap, Pemkab Sinjai, dalam hal ini kepada Pj Bupati Sinjai bisa membantu memperbaiki jalan yang menjadi fasilitas penunjang kehidupan masyarakat di Desa Bonto.

"Ya sebagai kenang jasa perhatian dan kebijakan pak Pj Bupati Sinjai sebelum habis masa jabatannya,”tandasnya.

(1TULISAN-Nurzaman Rasaq)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar